Home / Gaya Hidup

Minggu, 13 Desember 2020 - 13:49 WIB

2 poin penting menumbuhkan minat baca

Ilsutrasi Santai Membaca Sambil Meminum Kopi

Ilsutrasi Santai Membaca Sambil Meminum Kopi

KENDARI – Beberapa orang menjadikan aktivitas membaca sebagai salahsatu dari hobi mereka, beberapa orang lagi menjadikan membaca hanya untuk sekedar mengisi waktu luang, dan ada juga yang menjadikan membaca ( bahan bacaannya ) sebagai sumber informasi untuk menambah wawasan ilmu pengetahuan, Sedangkan sangat banyak orang yang sama sekali tidak tertarik untuk membaca, walaupun sebenarnya sesekali terbesit dalam pikiran mereka untuk mencoba memulai membaca, hanya saja selalu ada kendala maupun beribu alasan yang menghambat niatannya itu.

Berdasarkan data dari UNESCO ( United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization / Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Perserikatan Bangsa-Bangsa ) minat baca di Indonesia hanya 0,001 % atau dengan kata lain, diantara 1000 orang Indonesia hanya satu orang yang rajin membaca.

Tentunya hal tersebut sangat memprihatinkan, apalagi di era digital seperti sekarang ini, buku dan bahan bacaan sudah sangat banyak yang berbentuk e-book ( Buku elektronik ), bahkan beberapa gadget menyiapkan aplikasi lengkap untuk membaca. Sangat disayangkan hal tersebut tidak dimanfaatkan sebaik mungkin, mengingat data kominfo yang menyatakan bahwa Indonesia menjadi pengguna gadget urutan kelima di dunia ( 60 Juta pengguna ).

Sebenarnya sudah banyak cara mainstream yang menawarkan beberapa metode untuk menumbuhkan minat baca seseorang, akan tetapi melalui tulisan ini, penulis akan membagikan pengalaman yang mungkin akan relevan bagi kalian sehingga minat baca sahabat-sahabat dapat ditingkatkan sepenuhnya, karena dengan membaca buku kita dapat menjelajah dan berkeliling kemanapun berdasarkan fakta komprehensif yang diberikan oleh buku tanpa harus pergi ke tempatnya langsung hanya cukup dengan membayangkannya saja.

Selain itu, kita dapat mengetahui sebagian informasi dari apa yang orang lain tidak ketahui, tentunya selaras dengan ungkapan bahwa Buku adalah jendela dunia, sehingga untuk membuka jendela tersebut maka membacalah agar wawasan dan ilmu pengetahuan dapat ditingkatkan.

BACA JUGA:   Infeksi Corona Sebabkan Kerusakan Jaringan Otak

Berikut dua poin penting yang dapat anda lakukan untuk memulai menumbuhkan minat baca kalian :

1. Biasa Karena Terbiasa

Ada ungkapan atau kalimat populer yang awam kita dengar, yakni “The Power Of Habbit” atau kekuatan dari sebuah kebiasaan. Tentunya sebuah kebiasaan memiliki peranan penting dalam mengubah segala hal dari diri kita, seperti halnya kita yang tadinya tidak tertarik terhadap aktivitas baca, hingga akhirnya membuat aktivitas baca menjadi kebiasaan yang jika kita tidak melakukannya akan timbul rasa aneh dalam diri kita bahwa ada sesuatu yang kurang dan terlewatkan.

Namun, yang menjadi pertanyaan besarnya adalah bagaimanakah kita dapat mengubah sebuah kebiasaan kita yang sudah tertanam dalam alam bawah sadar kita ?

Kebanyakan dari kita sulit untuk mengubah kebiaasaan lama dalam diri kita, sehingga hal yang paling mudah untuk memulainya adalah dengan menggantikan sesuatu dengan kebiasaan baru. Karena menurut sebuah penelitian bahwa kebiasaan yang kita miliki dapat terprogram di otak ketika kita melakukannya selama 66 hari secara berturut-turut. Sehingga untuk mengubah atau memprogram kebiasaan membaca, kita perlu menambahkan sebuah kebiasaan yang baru ke dalam kebiasaan lama kita yang sudah sering dilakukan sebelumnya.

Oleh karena itu, mulailah menentukan jam tertentu untuk mencoba membaca selama 20-30 menit. misalkan di waktu pagi, siang ataupun malam hari, saat anda menggunakan waktu berjam-jam hanya untuk streaming maupun bermain game online, maka luangkan atau sisipkan waktu 20-30 menit dalam aktivitas anda tersebut, Karena itu hanya mengambil sekian persen waktu dari aktivitas yang anda lakukan tadi.

BACA JUGA:   Kisah Perempuan 25 Tahun Miliki 'Gaji' Rp400 Juta per Bulan

Setelah itu, mulailah melakukannya setiap hari secara berturut-turut selama 66 hari tanpa henti. Disadari bahwa hal tersebut memang terbilang mudah jika hanya dibayangkan saja dan terasa sangat sulit untuk dilakukan. Olehnya, pacu diri anda untuk keluar dari zona nyaman anda, karena yang menggerakkan anda adalah kemauan dari diri anda sendiri sehingga kebiasaan itu dapat terprogram dalam pikiran dan alam bawah sadar kita agar sahabat-sahabat akan selalu melakukannya sendiri tanpa sadar karena telah terbiasa.

Hal tersebut mengingatkan kita pada bunyi bel saat kita masih berada di bangku sekolah, ketika pukul 07.00 pagi bel berbunyi, maka kita akan langsung tergerak menuju lapangan upacara untuk melaksanakan apel pagi tanpa harus dituntun lagi, karena kebiasaan kita yang sudah lama kita bawa dan terus menerus kita lakukan setiap hari yang menggerakkan kita sendiri.

Sehingga ketika kita memulai untuk mengaplikasikannya pada sebuah aktivitas membaca, niscaya kebiasaan itu akan terbentuk dengan sendirinya.

2. Menggunakan Metode Efektif Saat Membaca

Ketika kita sudah mencoba memulai langkah pertama yang penulis jelaskan diatas tadi, terkadang sering timbul hal yang selalu membuat diri kita menjadi merasa malas ataupun jenuh untuk kembali membaca dan meneruskan pembentukan pola kebiasan kita. Masalah yang sering dialami tersebut adalah keresahan dalam diri saat sulit memahami apa yang dibaca, dikarenakan kepuasan akan timbul dalam diri kita ketika mampu memahami isi buku yang dibaca.

Untuk itu, penulis memberikan sebuah metode membaca efektif yang penulis dapatkan dibangku perkuliahan dan masih penulis terapkan hingga saat ini. Metode tersebut yakni metode SQ3R ( Survey, Question, Read, Recall dan Review ) yang dikembangkan oleh Francis P.Robinson yang merupakan seorang filsuf pendidikan asal Amerika.

BACA JUGA:   Ini Khasiat Jalan Kaki Sebelum Pertama Kencan

A. Survey ( Survei atau Skimming )

Hal yang pertama dilakukan adalah mencatat atau membaca judul, Sub Judul, Bab, Sub Bab, Daftar Isi ataupun beberapa diagram, keterangan gambar dan sinopsis atau ringkasan yang ada pada buku yang akan dibaca. Hal ini dapat dilakukan kurang lebih 5-7 menit.

B. Question ( Pertanyaan )

Buatlah beberapa pertanyaan atas apa yang ingin anda pahami tentang buku tersebut berdasarkan gambaran besar yang sudah anda baca pada langkah survei atau skimming.

C. Read ( Membaca )

Mulailah membaca dengan perlahan tanpa terburu-buru, dan selalu mengingat apakah saat membaca bab, atau sub bab maupun bagian tertentu, pertanyaan-pertanyaan yang anda buat sebelumnya sudah terjawab atau belum. Sehingga anda bisa membuat sebuah kesimpulan tiap bagian atas apa yang anda baca.

D. Recite ( Menceritakan Kembali )

Setelah anda anda telah mendapatkan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan anda, maka buatlah sebuah catatan-catatan dengan gaya bahasa anda sendiri yang mudah untuk anda pahami.

E. Meninjau Ulang

Tinjaulah kembali tulisan-tulisan yang sudah anda buat sebelumnya, dan tanpa melihat buku anda bisa mulai menyimpulkan apa yang telah anda baca atas jawaban dari beberapa pertanyaan yang telah anda ajukan sbelumnya dengan menggunakan gaya bahasa sendiri ataupun catatan-catatan yang telah anda buat.

Itulah 2 poin penting untuk menumbuhkan dan mempertahankan atas apa yang telah anda mulai. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat dan relevan dengan masalah yang anda hadapi, karena poin diatas semata-mata merupakan pengalaman pribadi yang telah diterapkan oleh penulis.

(Redaksi/Asumsirakyat.id)

Share :

Baca Juga

Gaya Hidup

Enam Cara Merawat Diri di Usia 30-an Tahun

Gaya Hidup

10 Alasan Seseoarang Tidak Mau Berhubungan Seks

Gaya Hidup

Ini Khasiat Jalan Kaki Sebelum Pertama Kencan

Gaya Hidup

Mau Pakai Aplikasi Pencari Jodoh? Simak Dulu 4 Hal Penting Ini

Gaya Hidup

Kepala BLK Kendari : Saya Memang Kampungan, Tapi Semangat Saya Tak Pernah Padam

Gaya Hidup

Empat Cara Mencabut Alis Agar Tidak Sakit

Gaya Hidup

Khasiat Daun Kelor dan Cara Mengonsumsinya

Gaya Hidup

Ali Berbagi!! Kisah Seorang Janda di Kendari Menjual Sapu Demi Menafkahi Keluarganya