Home / Religi

Minggu, 23 Mei 2021 - 10:00 WIB

Arti Mimpi Gigi Copot atau Goyang

Ilustrasi

Ilustrasi

Di antara beberapa bentuk mimpi yang sering dialami oleh seseorang adalah mimpi ada bagian giginya yang copot. Apa maksud dari mimpi ini?

Ulama pakar tafsir mimpi, Ibnu Sirin dalam kitabnya Tafsir al-Ahlam mengartikan mimpi gigi yang copot dengan penjelasan berikut:

وحركة بعض الأسنان دليل على ما هو تأويله في المرض وسقوطه وضياعه دليل على موته أو غيبته عنه غيبة من لايعود إليه

“Mimpi sebagian gigi goyang (Jawa: oglak-aglik) menunjukkan arti ada seseorang yang sakit. Sedangkan mimpi copotnya gigi atau hilangnya gigi menunjukkan matinya seseorang atau perginya seseorang layaknya perginya orang yang tak akan kembali padanya” (Ibnu Sirin, Tafsir al-Ahlam, hal. 110).

Siapa orang yang sakit atau meninggal dalam tafsir mimpi itu? Tergantung bagian gigi mana yang goyang atau copot dalam mimpi tersebut. Masing-masing dari bagian menunjukkan spesifikasi orang yang berbeda. Jika gigi bagian atas, berarti yang akan meninggal atau sakit adalah anggota keluarganya yang laki-laki, sedangkan gigi bagian bawah, berarti anggota keluarganya yang perempuan.

BACA JUGA:   KB MTsN 1 Baubau Gelar Buka Bersama, Kepala MA : Ini Baru Pertama Kali

Jika gigi taring copot maka itu berarti orang yang dituakan atau menjadi kepala keluarga di rumahnya. Jika gigi seri bagian kanan maka itu berarti ayah. Jika gigi seri bagian kiri maka itu berarti paman, namun jika keduanya (ayah dan paman) sudah meninggal maka kedua gigi tersebut berarti saudara laki-laki atau anak laki-laki, dan jika keduanya juga tidak ada atau telah meninggal maka diartikan dua teman yang akrab dengan orang yang bermimpi gigi copot tersebut.

Sedangkan ketika gigi yang copot dalam mimpinya adalah gigi raba’iyah (gigi yang berada di antara gigi seri dan gigi taring) yang bagian atas maka ditakwil orang itu adalah anak dari paman. Jika gigi yang copot adalah gigi dlawahik (gigi yang tampak saat tertawa atau gigi yang berada di samping gigi taring) maka ditakwil orang itu adalah paman dan bibi yang merupakan saudara ibu dan orang yang berkedudukan layaknya paman dan bibi tersebut dalam hal memberi nasihat.

BACA JUGA:   Belajar Dari Keberhasilan Dakwah Rasulullah

Jika gigi yang copot adalah gigi geraham maka itu berarti kakek atau anak laki-laki. Sedangkan jika gigi yang copot adalah gigi seri bawah yang bagian kanan maka itu berarti Ibu, jika gigi seri bawah yang bagian kiri maka itu berarti bibi dari jalur ayah. Jika keduanya ternyata sudah meninggal maka kedua gigi tersebut diartikan dua saudara perempuan atau dua anak perempuan atau orang yang berada di posisi tersebut.  Jika gigi yang copot adalah gigi raba’iyah bagian bawah maka itu bararti anak perempuan dari paman jalur ayah atau anak perempuan dari bibi jalur ayah. Sedangkan gigi taring yang bawah adalah perempuan yang dituakan atau menjadi kepala dalam keluarganya. Gigi dlawahik yang bawah diartikan anak-anak perempuan dari paman dari jalur ibu atau anak perempuan dari bibi jalur ibu. Gigi geraham bawah diartikan anggota keluarga wanita yang jauh atau juga diartikan anak wanita yang masih kecil (Ibnu Sirin, Tafsir al-Ahlam, hal. 110).

BACA JUGA:   Kepala Balitabang Keagamaan Makassar Apresiasi Kemenag Sultra Soal KUB

Selain gigi copot dan gigi goyang, juga terdapat ragam mimpi lain yang berkaitan dengan gigi. Misalnya seperti termakannya gigi yang memiliki arti akan adanya bala (cobaan/bencana) yang akan terjadi pada orang yang senasab dengan orang yang bermimpi hal tersebut. Bermimpi bergesekannya gigi atau gemetarnya gigi karena kedinginan atau rasa takut menunjukkan arti akan adanya perdebatan di antara keluarga. Jika seseorang melihat adanya karang gigi atau plak gigi pada mimpinya maka itu menunjukkan adanya cacat atau hal negatif pada sebagian anggota keluarganya yang akan kembali pada dirinya.

Jika seseorang bermimpi giginya tampak putih dan indah maka itu menunjukkan bertambah kuat dan solidnya keluarganya atau berarti akan bertambah harta dan derajat keluarganya. Jika bermimpi seolah-olah dia mencabut sendiri giginya maka mimpi tersebut menunjukkan bahwa ia akan memutus hubungan kerabat dengan salah satu anggota keluarganya.

Sumber: https://islam.nu.or.id/post/read/128989/arti-mimpi-gigi-copot-atau-goyang?_ga=2.259004361.231026480.1621850873-282584133.1621850873

 

Share :

Baca Juga

Religi

Cara Membedakan Habib Sebenarnya

Asumsi Rakyat

Pemerintah Aceh Larang Masyarakat Bermain Game Di Bulan Ramadhan

Asumsi Rakyat

13 Dosa Besar Suami Kepada Istri yang Paling Dibenci Allah

Religi

Pentingnya Sowan Kepada Kiyai

Daerah

Kakanwil Kemenag Sultra Sampaikan Tiga Hal Penting Yang Dimiliki Tokoh Agama

Kolom Asumsi

Lafal Dzikir Menjelang Tidur

Asumsi Rakyat

Gubernur Sultra Ingatkan MTQ V Korpri Nasional Dipersiapkan Dengan Matang

Asumsi Rakyat

Resmikan Satu Masjid, Wabub Konawe : Mohon Dimanfaatkan Dengan Baik