Home / Pendidikan

Senin, 22 Februari 2021 - 23:16 WIB

Bentuk Kemandirian, Kanwil Kemenag Kota Kendari Dorong Penyusunan Soal Mandiri di UN Sekolah

ASUMSIRAKYAT.ID – Kapala kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Kendari H. Zainal Mustamin, membuka pelaksanaan kegiatan penyusunan kisi-kisi, naskah soal dan telaah soal ujian madrasah lingkup Kelompok Kerja Madrasah (KKM) Madrasah Tsanawiyah 1 Kendari, Senin (22/02/21)

Diawal sambutannya, Zainal Mustamin meyampaikan bahwa dalam pelaksanaan kegiatan pentingnya kesehatan fisik, pikiran yang fokus dan ketenangan hati.

Kata Zainal, Ketiga poin tersebut akan begitu mempengaruhi hasil pekerjaan. “jika fisik kita kurang sehat maka pastilah pekerjaan kita akan terganggu, begitu pula jika kita tidak fokus dalam bekerja pekerjaan juga akan terganggu, terlebih lagi dengan hati kita yang tidak tenang juga akan mengangu pekerjaan kita”.

“Maka dalam melaksanakan kegiatan pentingnya kita berdoa agar tubuh kita sehat, pikiran kita fokus dan hati kita tenang,” tambahnya.

BACA JUGA:   Nadiem Izinkan Sekolah Gelar Pembelajaran Tatap Muka

Lebih lanjut, menurutnya, jikalau kita mau bekerja fisik kita tidak sehat akan terganggu pikiran kita tidak fokus akan terganggu kalau hati kita tidak tenang pasti akan terganggu, kita berdoa supaya sehat jasad kita pikiran kita bisa fokus dan hati kita bisa tenang.

Dikatakannya, peran dari KKM itu lahir sejak dimasa lampau, dimana madrasah diperhitungkan berdasarkan statusnya yaitu terdaftar, diakui dan disamakan.

“kita ingin bicara soal bagaimana KKM berdaya, karena KKM ini sebenarnya lahirnya itu masih masa lampau yang dulu itu sekolah masih dihitung dengan menggunakan status lama yaitu status terdaftar status diakui dan status disamakan, ” katanya.

Menurutnya akreditasi sekolah harus mesti berkembang sangat jauh sekarang ini, tidak lagi dikenal akreditasi sekolah terdaftar, diakui dan disamakan. Bahkan sekolah tidak lagi dilihat dari statusnya negeri atau swasta tapi itu berdasarkan akreditasinya.

BACA JUGA:   Wali Kota Kendari Harap Lulusan FEB UHO Bantu Pembangunan Kota

“Boleh saja sekolah swasta itu akreditasinya A dan sekolah negeri akreditasinya B, sekolah akreditasi A itu menjadi pilihan, karena nilai akreditasi itu satu bentuk pengakuan bahwa sekolah itu memiliki kualitas pelayanan pendidikan karena itu ada sekolah yang mengikuti standar pendidikan internasional,” tuturnya

Setiap sekolah meskipun memiliki kompetensi inti dan dan kompetensi dasar yang sama, kata dia, setiap sekolah bisa saja di dalam proses belajar mengajarnya buku yang tersedia tidak bisa menyelesaikan seluruh kompetensi dasar yang ada atau bahkan ada sekolah yang melampaui kompetensi yang ada.

“Karena itu menyusun soal harus didorong mandiri, karena yang tahu pencapaian pendidikan adalah sekolah itu dan gurunya maka paling pas guru itu yang membuat soalnya dia tahu targetnya sehingga tidak ada kesan ini soal belum pernah diajar. Namun penyusunan soal pun harus memperhatikan proporsional soal, agar tidak ada ada soal yang salah dalam penafsirannya yang berdampak pada sekolah, seperti kejadian beberapa waktu yang lalu,” bebernya.

BACA JUGA:   Korwil Sultra BEM DEMA Se-Sulawesi Dukung Kadis Dikbud Sultra Laksanakan Pembelajaran Tatap Muka 

Zainal Mustamin juga mengingatkan bahwa jangan sampai ujian nasional yang sudah ditiadakan, tetapi kita masih melaksanakan ujian yang substansinya merupakan kritik orang terhadap penyelenggaraan ujian itu sendiri.

Kegiatan ini turut dihadiri Pengawas madrasah, dan guru-guru yang tergabung dalam KKM MTsN 1 Kendari dengan tetap mengikuti prokol kesehatan.

Laporan : Muh. Rifky

Share :

Baca Juga

Nasional

Nadiem Izinkan Sekolah Gelar Pembelajaran Tatap Muka

Asumsi Rakyat

SKhN 1 Kendari Sukses Laksakan Ujian Tingkat SDLB, SMPLB, Dan SMA LB

Daerah

Gubernur Pimpin Rakor Persiapan Pembangunan Politeknik Pertambangan Konawe

Nasional

Guru Yang Dipecat Di Bone Karena Memosting Gaji Rp.700 Ribu Kembali Mengajar, KS Meminta Maaf

Pendidikan

MA Ummusshabri Sukses Menyelenggarakan Inspirative Talk Seri II

Daerah

Gelar HUT PGRI, Sulkarnain ; Kita Harap Komitmen Guru Untuk Terus Beramal

Pendidikan

Universitas Pertamina Buka Seleksi Beasiswa Tanpa Tes Lagi, Cek Disini!!

Nasional

WOW!! Menteri Nadiem Tantang Mahasiswa