Home / Kolom Asumsi

Rabu, 24 Februari 2021 - 20:27 WIB

Eksekusi Wacana Rekonsiliasi Pilkada Muna

Jangan Alergi dengan Kata Rekonsiliasi. Pada dasarnya, rekonsiliasi merupakan suatu istilah dalam ilmu sosial yang memiliki keterkaitan dengan munculnya konflik (perbedaan pendapat). Seharusnya, timbulnya suatu konflik dalam kehidupan bermasyarakat justru dilihat sebagai sesuatu yang membangun.

Memang, pada dasarnya konflik cenderung menimbulkan gesekan antar pihak dalam hal berpendapat. Perbedaan pendapat sangat kerap kita temui pada masyarakat Indonesia yang Multikultural. Jadi hadirnya Rekonsiliasi diharapkan mampu menyudahi konflik.

BACA JUGA:   Randi dan Yusuf, Aktivis Sebenarnya Versi Munir

Menurut Herbert C. Kelman yang seorang Profesor Richard Clarke Cabot dari Etika Sosial, Emeritus di Universitas Harvard, Rekonsiliasi merupakan suatu bentuk penyelesaian konflik yang justru menumbuhkan rasa percaya antar pihak yang tengah berkonflik.

Hal tersebut dapat dicapai melalui proses penerimaan dan rasa tanggung jawab yang mulai terbangun. Saya menganggap Rekonsiliasi adalah cara terbaik menunjukkan sikap kedawasaan dalam menyikapi Dinamika Politik dan juga merupakan langkah yang tepat untuk membangun Muna tercinta hari ini.

BACA JUGA:   Refleksi Hari Tani Nasional Kini dan Nanti

Bagi saya salahsatu syarat agar semua Program Kerja yang telah dirancang dapat direalisasikan dengan Efektif dan Efisien maka dibutuhkan Sinergitas antara semua Elemen yang ada di Kab. Muna. Kita sebagai Masyarakat memiliki peran untuk Mensuport dan Mengawasi kinerja Pemerintah sedangkan Pemerintah memiliki tanggung jawab untuk Mensejahterakan seluruh Rakyatnya. Saya yakin semua Masyarakat Muna menginginkan Kesejahteraan yang merata baik dibidang Sosial, Ekonomi dan juga Pendidikan.

BACA JUGA:   Refleksi Hari Tani Nasional Kini dan Nanti

Olehnya itu saya rasa Rekonsiliasi adalah langkah Efektif untuk memajukan Kab. Muna agar lebih memiliki daya saing yang tinggi baik di Sulawesi Tenggara maupun di kanca Nasional.

Rekonsiliasi = Dewasa
Rekonsiliasi Menuju Muna Gemilang !

***

Oleh : La Ode Muallim Arafah

Share :

Baca Juga

Kolom Asumsi

Lafal Dzikir Menjelang Tidur

Kolom Asumsi

Hardiknas: Mengapa Ki Hajar, Bukan Kiai Dahlan?

Kolom Asumsi

Mahasiswa dan Perannya

E-Koran

E-Koran Edisi #11

Kolom Asumsi

Refleksi Hari Tani Nasional Kini dan Nanti

Kolom Asumsi

Antara Vaksin Dan Selera

Asumsi Rakyat

Bom Kembali Meledak, Indonesia Harus Berantas Radikalisme Hingga Akarnya

Kolom Asumsi

Perempuan & Radikalisme