Home / Ekonomi / Nasional

Kamis, 10 Juni 2021 - 14:38 WIB

Gus AMI Harap Keberadaan BLK Dalam Menyiapkan SDM Unggul

Abdul Muhaimin Iskandar, Wakil Ketua DPR RI (Dok : Ist)

Abdul Muhaimin Iskandar, Wakil Ketua DPR RI (Dok : Ist)

ASUMSIRAKYAT – Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar memaknai jika keberadaan Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas dapat menjadi solusi dalam menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni dan kompeten. Hal itu penting, apalagi kata dia, mengigat kebutuhan tenaga kerja terampil tidak terelakkan di tengah persaingan dunia kerja yang sangat kompetitif.

“Dengan pelatihan vokasi yang ada di BLK Komunitas, khususnya di pesantren dapat menyiapkan SDM atau santri yang mempunyai kapabilitas dan siap kerja ketika lulus nanti,”ungkap Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar melalui rilis yang diterima media ini, Kamis (10/6/2021).

BACA JUGA:   BI Sultra Bakal Lakukan Pengembangan Kawasan Pariwisata

Menurut Gus AMI sapaan akrabnya, BLK Komunitas merupakan unit pelatihan vokasi yang meliputi pesantren, komunitas serikat buruh/pekerja yang tersebar di Indonesia.

“Dengan BLK Komunitas, pesantren dapat menentukan sesuai bakat santrinya, mulai dari pertanian, teknologi, mesin, tata busana, kesenian dan lainnya,” papar Nahkoda Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu.

BACA JUGA:   Aturan Penggolongan SIM Bakal Segera Disosialisasikan

“Saya mengapresiasi langkah pemerintah yang telah melakukan sinergitas dengan lembaga keagamaan dan dunia industry lewat program BLK untuk menyiapkan SDM yang siap kerja,” tambah dia.

Dalam rilis tersebut, Unsur Pimpinan DPR RI Bagian Kesejahteraan itu meminta kepada pemerintah agar terus konsisten dal mengembangkan BLK Komunitas guna menyiapkan pekerja yang kompeten dan siap kerja.

Sebelumnya, Gus AMI mengapresiasi peresmian BLK Komunitas oleh Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin bersama Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah di Pesantren Cipasung, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Selasa (8/6/2021).

BACA JUGA:   DPR Minta Pemerintah Boikot Produk Israel

Adapun, kejuruan yang ada di BLK Komunitas mulai dari teknik otomotif, las, konstruksi furnitur, perkapalan, instalasi infrastruktur telekomunikasi, elektronika, teknik informatika, robotika, multimedia, desain komunikasi visual, pengolahan hasil pertanian, pengolahan hasil perikanan, kesenian, seni kriya (kerajinan tangan), teknik batik, desain tata busana, tata rias, bahasa, perhotelan, kesehatan tradisional, seni kuliner, hingga kejuruan hubungan industrial.

Laporan : Muh. Rifky

Share :

Baca Juga

Nasional

Presiden Jokowi Ucapakan Selamat Hari Lahir NU 95

Nasional

Negara Diminta Hargai Pengabdian Para Honorer

Daerah

Bukan Tambang, Tapi Ini Investasi Besar Yang Sekarang Masuk di Kota Kendari

Daerah

DPRD Tetapkan APBD Koltim Rp 731 Milyar

Nasional

Kapolri : Tembak Mati Kelompok Mujahidin Indonesia Timur

Nasional

Viral Uang 100 Bergambar Presiden Jokowi

Nasional

Pantau Penanganan Bencana, Jokowi Bergegas Menuju Sulbar

Nasional

Kapolri Resmikan Gedung Presisi Polres Kota Tangerang dan 100 Ribu Rumah untuk Personel