Home / Nasional

Jumat, 25 Desember 2020 - 23:44 WIB

Ini Dia Bantuan Pemerintah Yang Diperpanjang Sampai 2021

Ketgam: ilustrasi uang

Ketgam: ilustrasi uang

JAKARTA– Dalam mengatasi kestabilan perekonomian di masyarakat karena dampak pandemi Covid-19, pemerintah telah mengeluarkan program kebijakan.

Program kebijakan tersebut adalah bantuan langsung berupa tunai dan yang lainnya kepada masyarakat yang  terdampak pandemi Covid-19 pada tahun 2020 ini.Namun pemerintah telah memperpanjang sejumlah program bantuan langsung tunai yang akan diberikan kepada masyarakat hingga 2021.

Dikutip dari Suara.com, program bantuan pemerintah yakni Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang terdapat 4 jenis yang akan diperpanjang hingga 2021.

Berikut adalah 4 program BLT yang diperpanjang di 2021.

BACA JUGA:   Fraksi Sultra Mengaku Akan Pressure Laporan Dugaan Korupsi Bendahara Dikbud Konut

1.Subsidi gaji merupakan program bantuan kepada para pekerja yang memiliki gaji di bawah 5 juta. Pemerintah akan memberikan BLT sebesar Rp 2,4 juta untuk setiap pekerja. Penerima harus memiliki Nomor Induk Keluarga (NIK), aktif dalam peserta BPJS Ketenagakerjaan hingga Juni 2020.

2.Kartu Prakerja adalah program yang dibentuk oleh pemerintah kepada para pekerja yang terdampak pandemi Covid-19 khususnya karyawan yang terkena PHK dan pengangguran. Peserta program ini akan diberikan bantuan insentif untuk pelatihan kerja sebesar Rp 1 juta untuk setiap bulannya. Pemerintah akn memberikan dana dengan total Rp 3.550.000 bagi peserta yang lolos sebagai penerima Kartu Prakerja.
Pendaftar harus melampirkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) sebagai syarat administrasi, berusia diatas 18 tahun yang sedang tidak bersekolah maupun kuliah.

BACA JUGA:   Bank Mitra Kemensos Diminta Legislator PKB Agar Selesaikan Gagal Salur PKH

3.BLT UMKMPemerintah juga membantu para pelaku usaha UMKM melalui program dana hibah atau BLT UMKM. Setiap pelaku UMKM akan mendapatkan Rp 2,4 juta yang akan ditranfser melalui rekening. Bantuan BLT UMKM ini ditujukan kepada membantu pelaku UMKM yang terdampak pandemic Covid-19 untuk menstabilkan perekonomian Indonesia.

BACA JUGA:   Tegas, PB PMII Minta Jokowi Mundur Sebagai Presiden

4.Bansos Tunai Bantuan sosial tunai ini akan berikan kepada masyarakat dengan jumlah Rp 500 ribu kepada yang terdampak pandemi Covid-19. Dana bansos tunai akan ditransfer melalui Kartu KKS (Kartu Keluarga Sejahtera) dan dapat ditarik tunai melalui ATM. Pemerintah menganggarkan untuk bansos tunai ini untuk 9 jua keluarga penerima manfaat sebesar Rp 4,5 triliun.

(*Din/Asumsirakyat.id)

Share :

Baca Juga

Hukum

Fadli Zon Kedapatan Like Konten Pornografi di Twitter, Muannas: Hukuman Tuhan Dibukakan Aibnya

Nasional

Nusron Tekankan Pembahasan RUU PKS Mengedepankan Dialog

Asumsi Rakyat

Longsor di NTT, Jokowi Sampaikan Duka Cita Yang Dalam

Hukum

Barang Mewah Edhy Prabowo di Sita KPK

Nasional

Hari Ini Pendaftaran CPNS dan PPPK Belum Terbuka

Asumsi Rakyat

Melalui Kerja Sama Dengan BNI, BP2MI Berikan Dua Cara Lindungi (PMI)

Nasional

Menag Tetapkan Idul Adha 2021 Jatuh Pada 20 Juli

Nasional

PP Muhammadiyah Tolak Rencana Penerapan PPN