Home / Nasional

Senin, 26 Juli 2021 - 19:50 WIB

Jadi Narasumber Kemkominfo, Kadis Kominfo Konkep Paparkan Materi Literasi Digital

Kadis Kominfo Konkep, Jamhur Umirlan, S.Pd ketika menyampaiakan materinya (Dok : Ist)

Kadis Kominfo Konkep, Jamhur Umirlan, S.Pd ketika menyampaiakan materinya (Dok : Ist)

ASUMSIRAKYAT – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kadis Kominfo) kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep), Jamhur Umirlan, S.Pd menjelaskan pentingnya literasi digital pada masa sekarang utamanya masa pandemi saat ini. Menurut dia pada masa Pandemi Covid-19 dan PPKM, literasi digital sangat dibutuhkan untuk mencerdaskan kehidupan berbangsa.

“Dimasa pandemi saat ini, literasi digital sangat berperan penting dalam memberikan pendidikan untuk mencerdaskan kehidupan berbangsa,” kata Jamhur ketika menjadi Narasumber di acara Kemkominfo RI, Senin (26/7/2021)

BACA JUGA:   Refleksi Hari Tani Nasional Kini dan Nanti

Pada kesempatan itu, Jamhur menyampaikan bahwa kecakapan literasi digital merupakan langkah terstruktur yang saat ini dikembangkan oleh pemerintah sebagai bentuk upaya mencerdaskan masyarakat Indonesia.

“..’Setiap orang ada masanya dan setiap masa ada orangnya’ saya mengartikan bahwa kita sebenarnya bersyukur di masa sekarang dimana zaman menjadi modern,” ucap Jamhur dalam materinya.

Olehnya itu, Jamhur dalam kesempatan itu mendorong kepada pemerintah Indonesia untuk membangun suatu program yang dapat mencerdaskan bangsa Indonesia secara Nasional.

BACA JUGA:   Anak Muda Diminta Kritisi Setiap Penyiaran

“Ada 4 prinsip dasar untuk mencapai literasi digital, diantaranya; pemahaman, saling ketergantungan, menciptakan kehidupan social, dan akurasi,” jelas Jamhur.

“Di Kabupaten Konawe Kepulauan Kami sedang membangun infrastruktur, namun kami juga berfikir untuk terus mengembangkan sumber daya manusia,” urai Pak Kadis.

Ia juga memaparkan mengenai manfaat literasi digital. Kata dia sebagai kegiatan mencari dan memahami informasi dapat menambah wawasan.

BACA JUGA:   DPR Bangga Dengan Kerja Kemensos

“Meningkatkan kemampuan individu untuk lebih kritis, menambah penguasaan kosa kata  inddividu dari berbagai informasi yang dibaca,” lanjutnya.

Selain itu, papar dia, manfaat lainnya meningkatkan kemampuan Verbal, literasi digital dapat meningkatkan daya fokus serta konsentrasi individu, dan menambah kemampuan dalam membaca merangkai kalimat serta menulis informasi.

“Namun literasi digital juga memiliki tantangan, ada dua tantangan yaitu arus informasi yang banyak serta konten negative,” Jamhur menutup materinya.

rfk/ar

 

 

Share :

Baca Juga

Kesehatan

Ini Kata Jokowi Usai Disuntik Vaksin Sinovac Di Istana Negara.

Nasional

Perkembangan Terkini Proses Identifikasi Jenazah, Korban Kecelakaan Pesawat Sriwijaya Air SJ-182

Asumsi Rakyat

Gelar Konsolidasi DPP Perempuan Bangsa se-Sultra, Siti Mukaromah Harapkan Kader Tetap Kompak Sampai 2024 Mendatang

Nasional

Rakyat Bisa Saja Hilang Sabar Atas Hasil Reformasi

Nasional

Pemerintah Diminta Evaluasi PPKM

Nasional

Begini Cara Daftar Token PLN Gratis Hingga Maret 2021

Nasional

Menag Bakal Terbitkan SE Berkaitan Pelarangan Shalat Idul Adha

Nasional

Coreng Muka Jokowi Usai Dua Menteri Diseret KPK dalam 9 Hari