Home / Gaya Hidup

Jumat, 26 Februari 2021 - 17:45 WIB

Jangan Mandi Saat Kondisi Seperti Ini

Ilustrasi saat sedang mandi

Ilustrasi saat sedang mandi

ASUMSIRAKYAT.ID – Pada dasarnya, mandi setelah melakukan aktivitas tentunya akan memberikan sensasi yang dapat menyegarkan tubuh anda.

Mandi merupakan aktivitas yang banyak dilakukan untuk membersihkan tubuh dari kotoran. Mandi dapat membuat kulit menjadi lembab, selain itu mandi juga memberikan berbagai manfaat kesehatan bagi tubuh.

Dalam kacamata medis, aktivitas mandi ternyata tidak boleh dilakukan semau-maunya atau kapan saja. Ada aturannya, jadi kamu yang sering dilarang mandi tengah malam atau diwajibkan mandi pada pagi hari, ada juga alasan di baliknya.

Meskipun terlihat menyegarkan, mandi ternyata juga dapat membahayakan kondisi kesehatan. Hal ini berkaitan dengan jika anda mandi setelah melakukan beberapa aktivitas berikut.

BACA JUGA:   Ini Khasiat Jalan Kaki Sebelum Pertama Kencan

Dilansir asumsirakyat.id dari kanal YouTube Imran Official pada 26 Februari 2021, berikut bahaya mandi setelah melakukann 4 aktivitas berikut.

1. Langsung Mandi Setelah Beraktivitas

Bahaya yang dapat mengintai kesehatan anda adalah, jika anda mandi setelah beraktivitas. Setelah melakukan aktivitas, baik aktivitas yang menguras otak maupun tenaga, dianjurkan untuk beristirahat terlebih dahulu.

Dan hal ini akan mengakibatkan kekurangan darah pada bagian hati dan dada, yang akan mengakibatkan sesak.

2. Mandi Setelah Makan

Jika mandi setelah makan, pembuluh darah akan menggumpal. Hal ini akan membuat sirkulasi darah tidak lancar sehigga mandi setelah makan, sangat tidak dianjutkan untuk anda lakukan.

BACA JUGA:   Usia Bukan Halangan Untuk Menjalani Hidup Anda! Rahasia Umur Panjang dan Kondisi Kesehatannya Yang Luar Biasa

3. Mandi Setelah Mabuk

Mandi setelah mabuk, tentunya sangat berbahaya bagi kesehatan anda. Hal ini dikarenakan, alkohol menjadi penghambat aktivitas hati, dan penghambat pelepas glukosa.

Saat mandi dalam keadaan mabuk, dapat meningkatkan produksi glukosa. Pada akhirnya, tubuh akan memproduksi gula darah yang cukup banyak. Sehingga rentan terkena pusing.

4. Mandi Saat Demam

Mandi saat demam memang sangat tidak dianjurkan, terutama jika anda mandi dengan temperatur air yang cukup dingin.

Seseorang dikatakan demam ketika suhu tubuhnya di atas suhu normal, biasanya di atas 37,50C untuk pengukuran suhu di ketiak (axilla). Kondisi ini terjadi paling sering terjadi ketika tubuh sedang melawan infeksi atau sedang terjadi peradangan.

BACA JUGA:   Kepala BLK Kendari : Saya Memang Kampungan, Tapi Semangat Saya Tak Pernah Padam

Saat demam tubuh mengkonsumsi panas lebih dari 20 persen. Sangat tidak dianjurkan utuk mandi ketika demam karena akan mudah terjadi sesuatu yang tidak diinginkan semisal pingsan atau malah memperparah demam.

Meskipun terlihat sepele, ternyata ada berbagai dampak negatif bagi kesehatan anda jika anda mengabaikan larangan tersebut. Pada dasarnya mandi merupakan aktivitas yang dapat menyegarkan tubuh, dan membuat anda terlihat lebih fresh.

Namun, jika anda mandi dengan mengabaikan beberapa larangan diatas tentunya juga memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan anda.

AR/RDX

Share :

Baca Juga

Gaya Hidup

Cara Menghindar dari Gempa Bumi

Gaya Hidup

Cara Membuat Daftar Pustaka dengan Baik dan Benar

Gaya Hidup

Empat Cara Mencabut Alis Agar Tidak Sakit

Cerita Rakyat

Kisah Perempuan 25 Tahun Miliki ‘Gaji’ Rp400 Juta per Bulan

Gaya Hidup

7 Dampak Kebanyakan Konsumsi Protein Untuk Diet

Gaya Hidup

6 Manfaat Buah Nangka, Atasi Sembelit hingga Masalah Kulit

Artis

Personil Duo Serigala Suka Burung Ini Karena Bikin Enak

Gaya Hidup

Ali Berbagi!! Kisah Seorang Janda di Kendari Menjual Sapu Demi Menafkahi Keluarganya