Home / Hukum / Nasional

Sabtu, 12 Juni 2021 - 14:00 WIB

Kapolda dan Kapolres Bakal Ditegur Jika Tak Segera Menindak Premanisme

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (Dok : Ist)

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (Dok : Ist)

ASUMSIRAKYAT – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo berjanji akan menegur Kapolda dan Kapolres jika intruksinya terkait penindakan terhadap aksi premanisme di wilayahnya masing-masing belum dilakukan.

Diketahui, Listyo telah menginstruksikan kepada seluruh jajarannya untuk menindak aksi premanisme yang meresahkan masyarakat. Instruksi ini dikeluarkan lantaran premanisme itu menjadi antensi dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Kalau belum action juga saya selaku Kapolri yang akan tegur, ini juga bagian dari program Harkamtibmas di program Presisi yang harus ditindaklanjuti oleh seluruh anggota dan jajaran di lapangan,” ungkap Listyo dalam keterangan Persnya di Kanal Youtube Polri, Sabtu (12/6/2021).

BACA JUGA:   Besok Jokowi Akan Di Kritik Mahasiswa, Ade Armando : Ada Politisi Busuk

Listyo juga akan menekankan kepada Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto dan Kapolda untuk bergerak cepat dalam menindak tegas kepada pelaku kejahatan.

“Semua Polda dan Kabareskrim untuk merespon cepat dan ambil langkah-langkah apabila ada pengaduan dari masyarakat terkait gangguan kriminalitas yang dilakukan para preman, pelaku curas dan tukang palak dan peras dan para pelaku kejahatan konvensional lainnya untuk segera diberantas habis,” ujarnya.

Listyo juga mengaku jika dirinya bakal langsung memantau jajarannya dalam upaya penindakan terhadap premanisme dan pelaku kejahatan lainnya.

BACA JUGA:   Menag Tetapkan Idul Adha 2021 Jatuh Pada 20 Juli

“Saya akan ikuti perkembangan di lapangannya apakah sudah dilaksanakan dengan baik atau belum,” tegas Listyo.

Lebih lanjut, Listyo juga mengimbau masyarakat untuk memanfaatkan aplikasi Dumas Presisi dan layanan Hotline 110 jika menerima perlakuan meresahkan dari oknum-oknum masyarakat.

“Untuk membuat rasa aman dan juga tenang bagi masyarakat, sudah ada aplikasi 110 dan Dumas Presisi, apabila ada masyarakat yang mengalami gangguan terkait Kamtibmas dan kriminalitas, bisa hubungi nomor tersebut untuk segera bisa direspon anggota di lapangan,” ujarnya.

Diketahui, Presiden Jokowi telah memerintahkan Listyo selaku Kapolri untuk menindak preman yang meminta sejumlah uang kepada para pengemudi truk kontainer di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

BACA JUGA:   Polri Diminta DPR Segera Tindaki Yang Coba Memainkan Harga Oksigen

Instruksi itu disampaikan Jokowi setelah mendapat informasi pemalakan ini saat berdialog dengan para pengemudi di Tanjung Priok.

Merespon hal tersebut, Listyo langsung memerintahkan jajarannya di seluruh Polda dan Polres untuk memberantas aksi premanisme yang meresahkan masyarakat.

“Negara tidak akan kalah dengan aksi premanisme. Oknum dan preman segera bersihkan, tangkap dan tuntaskan,” ucap Listyo, Jumat (11/6).

Laporan : Ardi Khalid

Share :

Baca Juga

Nasional

Intruksi Seluruh Kanwil, Menag : Shalat Idul Adha Di Rumah Masing-Masing

Hukum

Semua Preman Akan Diberantas Polisi

Asumsi Rakyat

KPK OTT Gubernur Sulsel dan Rombongan, Begini Kronologisnya!!

Nasional

Habib Ali bin Abdurrahman Assegaf, Guru Habib Rizieq Meninggal Dunia

Daerah

Gelar Aksi di KPK RI, SMC Laporkan Dugaan Korupsi Rekayasa Lalin Dishub Sultra Di Wakatobi

Asumsi Rakyat

Soal Kamus Sejarah Yang Meraibkan Tokoh NU, Begini Tanggapan LD PWNU Sultra

Daerah

Soal Batalnya Pemberangkatan Haji, GP Ansor Sultra Mendukung Dan Menilai Keputusan Yang Tepat Ditengah Pandemi

Nasional

PBNU Laporkan 95 Kasus Lingkup Kemensos Kepada Kepala Staff Kepresidenan