Home / Bisnis / Ekonomi

Sabtu, 6 Februari 2021 - 08:00 WIB

Kepala OJK Sultra : Selama Ini Kami Terus Memberikan Pelayanan Perlindungan Kepada Masyarakat

Mohammed Fredly Nasution, Kepala OJK Sultra saat diwawancarai awak media

Mohammed Fredly Nasution, Kepala OJK Sultra saat diwawancarai awak media

ASUMSIRAKYAT.ID – Ketua Otoritas Jasa Keuangan atau OJK Sulawesi Tenggara (Sultra) Mohammad Fredly Nasution dalam acara Bincang Jasa Keuangan (BIJAK) bersama awak media mengatakan, saat ini OJK selalu berupaya memberikan perlindungan kepada ribuan masyarakat berupa laporan pengaduan hingga tindakan pencegahan kerugian konsumen. Jumat (5/2/2021).

Hal tersebut ia buktikan dengan data pelayanan OJK tahun 2021 sebanyak 309 layanan diberikan kepada masyarakat. Layanan tersebut, kata dia, terdiri dari 238 layanan pemberian informasi, 11 layanan penerimaan informasi, dan 60 layanan pengaduan baik melalui surat dan walk in atau tatap muka.

OJK Sultra saat jumpa Media (Foto : Muh. Rifky)

“Tahun ini layanan pengaduan berupa surat yang kami terima sebanyak 12 pengaduan dan 48 pengaduan secara walk in atau tatap muka,” kata Fredly

BACA JUGA:   SP PLN Minta Pemerintah Tidak Privatisasi PLN
BACA JUGA:   Pertumbuhan Ekonomi Meningkat, Gus AMI : Jadi Harapan Baru Bagi Bangsa

Di segmen industri, layanan pengaduan terkait perbankan, ungkap dia, sebanyak 28 aduan. Finance atau lembaga pembiayaan 21 aduan, usaha perasuransian 7 aduan, dan 4 aduan terkait fintech lending atau pinjaman ilegal.

“Mayoritas aduan pada segmen perbankan berupa perbedaan status kredit/pembiayaan termasuk pengunaan identitas konsumen dalam SLIK, pada segmen pembiayaan/finance terkait penarikan agunan dan proses pelelangan, dan untuk perasuransian terkait proses klaim, sedangkan fintech lending terkait penggunaan pinjaman online ilegal,” ungkapnya.

BACA JUGA:   Berdayakan Alumni, Kepala BLK Kendari Akan Kirim Mereka Ke Jepang

Sementara tahun 2020 lalu, OJK Sultra telah memberikan pelayanan perlindungan konsumen kepada 3.759 masyarakat.

Ia meyebut perlindungan konsumen yang diberikan berupa layanan informasi sebanyak 2.322, penerimaan informasi sebanyak 232, dan layanan pengaduan konsumen baik berupa surat dan walk in sebanyak 1.205 layanan.

“Layanan pemberian informasi umumnya terkait layanan permintaan SLIK yang dulu dikenal sebagai BI Checking/SID,” Tutupnya.

Laporan : Muh. Rifky

Share :

Baca Juga

Bisnis

Munas Kadin di Kendari, Front Sultra Nuntur Begini!!

Bisnis

Marketing Kalla Toyota : PPnBM 0% Lagi, Saatnya Beli Toyota, Gasskeun!

Ekonomi

Gus AMI Harap Keberadaan BLK Dalam Menyiapkan SDM Unggul

Ekonomi

Jelang Tahun Baru, Harga Bawang Turun, Cabai Naik

Bisnis

DPR : Penambang Melanggar Hukum Harus Dikejar Dan Dipidana

Bisnis

Minggu Depan, Buruh Bakal Gelar Aksi Mengecam Direksi PLN

Ekonomi

BI Sultra Bakal Lakukan Pengembangan Kawasan Pariwisata

Bisnis

Munas Kadin Di Sultra, CEO KRA : Berkah Bagi Pelaku UMKM