Home / Nasional / Pendidikan

Sabtu, 12 Juni 2021 - 20:27 WIB

Komisi VIII DPR RI : Pentingya Optimalisasi Kualitas Pendidik MAN

Komisi VIII DPR RI Maman Imanul Haq

Komisi VIII DPR RI Maman Imanul Haq

ASUMSIRAKYAT – Anggota Komisi VIII DPR RI Maman Imanul Haq mengungkapkan jika dewasa ini madrasah cenderung menguatkan sektor infrastruktur seperti bangunan. Menurut dia hal itu bukan juga berarti buruk, namun optimalisasi kualitas tenaga pendidik maupun peserta didik tidak kalah penting sebagai upaya untuk menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing.

“Peningkatan fisik bangunan harus dibarengi dengan peningkatan kualitas guru, sistem manajemen dan juga kegiatan-kegiatan siswa siswinya,” tuturnya saat mengikuti Kunjungan Kerja Spesifik Komisi VIII DPR RI ke Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Pacet, Cianjur, Jawa Barat, Kamis (10/6/2021).

BACA JUGA:   Kembangkan Mutu Sekolah, Kepsek SKhN 1 Kendari Ikuti Workshop dan Magang Kemitraan

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tersebut melihat bahwa dari sekian banyak lulusan MAN yang diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN), hingga saat ini masih belum terlihat kualitas secara personal yang muncul dari lulusan MAN. “Sampai hari ini kita belum melihat kualitas secara personal yang muncul untuk dia betul-betul menjadi kebanggan MAN itu sendiri,” seloroh Maman.

BACA JUGA:   Jangan Lupakan Hak Rakyat Saat PPKM Diperpanjang

Dalam hal ini, ia menyatakan, Komisi VIII DPR RI pun concern untuk melakukan peningkatan kualitas itu bersifat sistematik, masif dan menyeluruh. “Kita tahu di Jawa Barat ini kita masih tetap ranking tiga dari bawah, berbeda dengan madrasah-madrasah yang ada di Jawa Timur atau di Jawa Tengah. Padahal kita tahu di Jawa Barat ini madrasah menjadi barometer tingkat moderasi keberagamaan di Indonesia, jadi kalau ini tidak bisa ditingkatkan, maka meningkatnya kualitas anak-anak yang masuk ke perguruan tinggi itu ternyata belum dibarengi oleh peningkatan kualitas dari lulusan Madrasah itu,” jelasnya.

BACA JUGA:   Menolak Pajak Sembako dan Pendidikan Yang Membabi Buta

Lebih lanjut, Maman berharap secara personal siswa-siswi lulusan MAN dapat menanamkan rasa percaya diri dan siap bersaing secara global. Legislator dapil Jabar IX itu pun turut meminta Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama agar memperhatikan peningkatan kualitas madrasah di Jabar.

Laporan : Ardi Khalid

Share :

Baca Juga

Nasional

Terjadi Peningkatan Politik Dinasti Pada Pilkada 2020, Bentuk Kekhawatiran Demokrasi

Asumsi Rakyat

Kemendikbud Ristek Inkonsistensi Soal Temuan Kasus Plagiat Rektor UHO

Nasional

Staff Khusus Presiden Akan Hadiri Kegiatan PMII Sultra

Nasional

Satgas Covid-19 Nasional Minta Pemerintah Waspada pada Libur Akhir Tahun

Hukum

KPK Tahan Tersangka Penyuap Eks Bupati Cirebon Sunjaya, Berikut Ulasannya

Pendidikan

Pelaksanaan PPDB di Sulsel Berjalan Dengan Lancar

Nasional

SBY : Kita Kehilangan Satu Tokoh Muda Ekonomi

Nasional

Jubir Fraksi PKB DPR RI : APBN 2022 Masih Dibayangi Ketidakpastian