Home / Internasional

Kamis, 14 Januari 2021 - 10:39 WIB

MENLU RI, Retno Marsudi Terpilih Mewakili Indonesia Menjadi Salah Satu Co-Chair COVAX-AMC EG.

Mentri Luar Negeri, Retno Marsudi

Mentri Luar Negeri, Retno Marsudi

KENDARI – Dalam pemilihan Co-Chair yang diselenggarakan secara virtual di Jenewa dengan tenggat waktu pemilihan sampai tanggal 8 Januari 2021 tengah malam dan di umumkan pada tanggal 12 Januari malam waktu Jenewa. Menteri Luar Negeri RI mendapatkan suara terbanyak yaitu 41% dari total suara yang masuk. Suara terbanyak kedua diperoleh Menteri Kesehatan Ethiopia.

Dalam pemilihannya dilakukan secara E-voting untuk memilih 2 Co-Chair dari 5 calon kandidat AMC Ninety-Two Economies yaitu 92 Economies yang tergabung di dalam Covax-AMC.

“COVAX – AMC EG, merupakan forum antara negara AMC dengan negara-negara donor untuk pengadaan dan distribusi vaksin bagi negara-negara AMC” kata Retno dalam konferensi pers yang di gelar secara Virtual(13/1/2021).

Lebih lanjut Retno menyampaikan bahwa, selain Indonesia dan Ethiopia yang mewakili EMC Ninety Two Economies, Menteri Pembangunan Internasional Canada juga terpilih mewakili negara donor sebagai Co-Chair.

“Tentunya ini merupakan wujud dari kepercayaan dunia Internasional terutama negara-negara berkembang kepada Indonesia dan ini merupakan tanggungjawab besar Indonesia untuk mewujudkan kesetaraan akses vaksin bagi semua negara melalui jalur multilateral” ungkap Retno.

COVAX Facility memiliki target pengadaan vaksin bagi maksimal 20% populasi setiap negara EMC dan juga mencoba untuk mendukung kesiapan negara-negara EMC untuk melakukan rencana vaksinasi nasional, tambahnya dalam konferensi persnya.

Laporan : Marfin

Share :

Baca Juga

Internasional

Boeing Didenda Rp34 T Akibat Buntut Kecelakaan Lion Air

Internasional

Asosiasi Pesepakbola Uruguay (AFU) Bela Striker Mancester United Edinson Cavani