Home / Nasional

Selasa, 29 Desember 2020 - 00:49 WIB

Risma ke Pemulung: Tetap Cari Sampah, Bisa Ambil di Kemensos

Menteri Sosial Tri Rismaharini. (ANTARA FOTO/Didik Suhartono)

Menteri Sosial Tri Rismaharini. (ANTARA FOTO/Didik Suhartono)

JAKARTA – Menteri Sosial RI Tri Rismaharini menemui sejumlah pemulung dan gelandangan di bantaran Sungai Ciliwung pada hari pertama kerjanya pada Senin, (28/12). Risma menjanjikan para pemulung bertahan dengan profesinya, dan menjanjikan ‘asupan’ sampah dari Kementerian Sosial.

Mantan wali kota Surabaya itu didampingi Dirjen Rehabilitasi Sosial Harry Hikmat dan Inspektur Jenderal Dadang Iskandar berkeliling di kawasan aliran Sungai Ciliwung, di belakang Kantor Kementerian Sosial.

BACA JUGA:   Pemda Se-Indonesia Disurati Kemensos, Minta Data Anak Ditinggal Orang Tua Karena Pandemi

Janji Rismatersebut terucap saat berdiskusi dengan suami istri yang keduanya berprofesi sebagai pemulung di Jakarta. Ia mengajak pasangan pemulung itu untuk mengubah kualitas hidupnya menjadi lebih baik. Rismamenjanjikan akan mencarikan rumah untuk para pemulung sehingga bisa mengurangi biaya hidupnya.

“Bapak-ibu saya carikan ‘rumah’ jadi nggak perlu ada biaya ngontrakTetep cari sampah seperti ini. Nanti sampah dari Kementerian Sosial bisa untuk bapak. Sambil saya ajari usaha. Masak mau terus kaya gini, ya. Mau ya,” kata Risma dalam keterangan tertulis yang diterima CNNIndonesia.com, Senin (28/12).

BACA JUGA:   Anggota Paskibraka Asal Sultra Resmi Dilantik Presiden RI

Blusukan Risma juga sampai pada kolong jembatan di dekat kali Ciliwung. Kepada setiap penghuni kolong jembatan itu, Risma menjanjikan tempat tinggal yang lebih baik.

“Bapak ibu, saya hanya ingin penjenengan tinggal di tempat yang lebih baik. Ayo pak, mau ya pak,” ajak Risma.Usai mengitari Ciliwung, Risma berangkat ke Balai Rehabilitasi Sosial Eks Gelandangan dan Pengemis ‘Pangudi Luhur’ di Bekasi.

BACA JUGA:   Muhammadiyah Surati Jokowi Soal TWK KPK

Pangudi Luhur merupakan balai rehabilitasi sosial yang menyelenggarakan program rehabilitas sosial berupa layanan vokasi dan pemberdayaan kerja.

Tri Rismaharini baru saja dilantik Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Sosial RI menggantikan Juliari Batubara yang tersandung kasus korupsi Bansos.

 

Share :

Baca Juga

Nasional

Disindir Jokowi, Jaksa Agung Siapkan Satgas Khusus Pelanggaran HAM

Nasional

Berkat Pembinaan Kemensos, “R” Reintegrasi Dari Paham Radikalisme

Asumsi Rakyat

Jokowi Resmi Cabut Aturan Investasi Miras

Nasional

Didukung Kembali Jadi Menteri KKP, Susi Pudjiastuti Dirumorkan Calon Menparekraf

Nasional

Simpatisan Rizieq Shihab Bakal Geruduk PMJ, Begini Respons Polri

Nasional

Paspampres Tinjau Lokasi Pembukaan Munas Kadin

Nasional

PPATK : Aneh Kalau FPI Bubar Dan Uangnya Tetap Beredar

Daerah

Harlah Pancasila, Wagub Sultra : Momentum Menyadarkan Pentingnya Berbangsa Dan Bernegara