Home / Daerah / Pendidikan

Jumat, 11 Desember 2020 - 20:34 WIB

Salah Satu Dosen IAIN Kendari Menjadi Peserta Internasional ELSAH 2020

KENDARI – Salah satu dosen di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari Irma Irayanti, S.HI, M.Pd lolos pada kegiatan Internasional ELSAH 2020.

ELSAH (Empower Leadership on SDGs And Human Rights) merupakan program pengembangan kapasitas yang dilakukan secara virtual untuk masyarakat sipil yang secara aktif mendorong pencapaian SDGs dan Hak Asasi Manusia ditingkat nasional dan internasional.

Program ini bertujuan untuk memperkuat kapasitas advokasi masyarakat sipil dalam satu dekade mendatang untuk mewujudkan SDGs pada tahun 2030 melalui Goal 16+ dan pendekatan berbasis Hak Asasi Manusia (HRBA) dalam konteks pandemi COVID-19 di Asia.

BACA JUGA:   16 KK Warga Kendari Terima Bantuan Perbaikan Rumah

Program yang diselenggarakan oleh Korean Association of Human Rights Studies (KAHRS) dengan dukungan dari Korea International Cooperation Agency (KOICA) dan bekerjasama dengan Asia Development Alliance (ADA) Global Call to Action Againts Poverty (GCAP) Migrant Forum di Asia (MFA) dan Civil Society Development Association (ARGO).

Dari 198 pelamar terpilih 49 peserta, 24 dari Asia Tenggara, 25 negara Asia Tengah dan Selatan. Dari 24 peserta di Asia tenggara delapan diantaranya berasal dari indonesia dan salah satunya dari IAIN Kendari.

BACA JUGA:   Wali Kota Kendari Akui MAN 1 Kendari Banyak Melahirkan Generasi Bermanfaat

Irma Irayanti mengatakan, melalui ELSAH peserta akan belajar topik-topik seperti SDGs, Hak Asasi Manusia, korelasi SDG dan Hak Asasi Manusia, COVID-19, Organisasi masyarakat sipil dan perencanaan strategis.

“Sebelum program utama kita juga mengikuti persiapan selama lima minggu dengan belajar online terkait SDGs dan HAM. Kita juga diminta membuat rencana aksi nasional untuk mengadvokasi isu SDGs dan HAM di negara masing-masing,” ujarnya, Kamis (10/12/2020).

BACA JUGA:   Bapemperda DPRD Kota Kendari Bahas Raperda Perstujuan Bangunan Gedung 

“kegiatan ELSAH sangat menarik karena membahas tentang HAM dan SDGs yang sangat penting untuk menambah khazanah keilmuan,” Tambah Irma.

“Apalagi saya dosen Pancasila dan Pendidikan Kewarganegaraan yang pada mata kuliah itu ada khusus pembahasan HAM, Demokrasi, Rule of Law, dan hampir semua 17 target SDGs,” Katanya.

Irma juga berharap apa yang didapatkannya di ELASAH bisa bermanfaat dan dapat dibagikan kepada para mahasiswanya di IAIN Kendari.

 

(*Ikky/Asumsirakyat.id)

Share :

Baca Juga

Daerah

Ponpes Al Munir Akan Kembangkan Tanman Porang dan Kayu Putih

Asumsi Rakyat

Fintech P2PL Perluas Akses Pendanaan Bagi UMKM di Sultra

Daerah

Awal Desember, Pemda Konkep Akan Salurkan Bantuan ke Warga

Daerah

Pemkab Konawe Buka Peluang P3K Untuk Guru

Daerah

Hari Ini Kasus Covid-19 di Sultra Bertambah 68 Orang

Pendidikan

Pelaksanaan PPDB di Sulsel Berjalan Dengan Lancar

Daerah

Rusman Emba Unggul 20 Suara  Di Desa Bente

Daerah

Forum Mahasiswa Peduli Covid, Gelar Aksi Duga Panitia Musprov KADIN Sultra Tak Patuhi Protokol Covid- 19