Home / Hukum / Nasional

Minggu, 13 Desember 2020 - 14:30 WIB

Shabri Lubis dan Panglima Laskar FPI diancam di Tangkap Polisi

Polisi mengultimatum Ketua Umum FPI Shabri Lubis dan Panglima LPI Maman Suryadi menyerahkan diri usai ditetapkan tersangka kerumunan massa Rizieq Shihab. (Foto : Mudajaya)

Polisi mengultimatum Ketua Umum FPI Shabri Lubis dan Panglima LPI Maman Suryadi menyerahkan diri usai ditetapkan tersangka kerumunan massa Rizieq Shihab. (Foto : Mudajaya)

JAKARTA – Polda Metro Jaya kembali memberi ultimatum kepada Ketua Umum FPI, Shabri Lubis dan Panglima Laskar Pembela Islam (LPI) Maman Suryadi untuk menyerahkan diri usai ditetapkan sebagai tersangka terkait kerumunan massa yang turut menghadirkan Rizieq Shihab.

Dilansir dari CNN Indonesia, Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus menegaskan hal tersebut usai tiga tersangka lain dalam kasus kerumunan di Petamburan itu menyerahkan diri.

BACA JUGA:   PAN Nilai Demokrasi Indonesia Perlu Didiskusikan Kembali

“Kami mengharapkan yang dua lagi sampai dengan saat sekarang ini belum menyerahkan diri untuk segera menyerahkan diri,” kata Yusri kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Minggu (13/12).

“(Kalau tidak) Kami akan tangkap,” tambah dia.

Namun demikian, Yusri tak memberikan batas waktu terhadap para tersangka untuk datang ke Polda Metro Jaya. Dia menuturkan hanya agar dua tersangka itu segera menyerahkan diri secepatnya.

BACA JUGA:   52% Guru Madrasah di Indonesia Sudah Vaksin

Diketahui, tiga tersangka yang sudah menyerahkan diri ialah Haris Ubaidillah selaku Ketua Panitia acara Rizieq yang menimbulkan kerumunan, Ali bin Alwi Alatas, dan Idrus.

Kini ketiganya sedang menjalani pemeriksaan intensif oleh penyidik pada Direktorat Reserse Kriminal Umum (Direskrimum) Polda Metro Jaya.

“Sekarang masih dilakukan pemeriksaan. Nanti kita tunggu hasilnya seperti apa karena memang dipersangkakan pasal 93 undang-undang tentang karantina kesehatan,” ucap dia.

BACA JUGA:   Bupati Koltim Masih di Interogasi, Ketua KPK Harap Masyarakat Tenang

Dalam perkara ini, lima tersangka itu dijerat Pasal yang berbeda dengan pimpinan FPI. Rizieq yang telah resmi ditahan itu dijerat Pasal 160 KUHP tentang penghasutan dan Pasal 216 KUHP dengan ancaman hingga 6 tahun penjara.

Sementara tersangka selain Rizieq dikenakan Pasal 93 UU Kekarantinaan nomor 6 tahun 2018 dengan ancaman hukuman 1 tahun penjara.

(*Ikky/Asumsirakyat.id)

Share :

Baca Juga

Nasional

Hasil Swab Test Habib Rizieq Belum Jelas, Positif Atau Negatif?

Hukum

Seorang Dukun Penipu Berhasil Ditangkap Polisi Usai Melakukan Aksinya

Ekonomi

DPR Minta Harga Sembako E-Warung BPNT Tidak Boleh Lebih Mahal dari Harga Pasar

Nasional

Gus Yaqut tidak Ingin Populisme Islam Berkembang Luas

Asumsi Rakyat

Dugaan Jual Beli Jabatan, DPR Bakal Panggil Mendes

Asumsi Rakyat

Kongres PMII XX, MSH Dinyatakan Terkuat Dari Yang Lain

Nasional

Apa Penjelasan Negara ke keluarga Anggota FPI Yang di Tembak Mati?

Nasional

Satgas Covid-19 Nasional Minta Pemerintah Waspada pada Libur Akhir Tahun