Home / Daerah

Selasa, 15 Desember 2020 - 14:46 WIB

Sukses Membangun literasi dan Inklusi Keuangan, Bupati Konsel di Ganjar Dilan Award dari OJK

Bupati Konawe Selatan (Konsel) Raih Penghargaan dari OJK

Bupati Konawe Selatan (Konsel) Raih Penghargaan dari OJK

KONAWE SELATAN – Kepemimpinan Bupati Konawe Selatan (Konsel) H Surunuddin Dangga ST MM di anggap sukses menahkodai daerah otoritanya. Hal yang utama dalam menilai keberhasilan seorang kepala daerah dapat dilihat dari berbagai aspek.

Tak hanya pembangunan infrastruktur, tetapi peningkatan SDM, pelayanan kesehatan, penataan ruang, perumahan rakyat, dan ketertiban sosial, juga banyak hal lainnya yang bisa di jadikan indikator dan  juga patut di berikan apresiasi.

Namun, Indikator paling konkret yang perlu dipahami  oleh masyarakat yang itu bisa menjadi alat ukur untuk menilai kesuksesan seorang kepala daerah adalah raihan prestasi atau penghargaan yang diterima.

Oleh sebab itu, wajar jika Bupati Surunuddin dianggap begitu berhasil memimpin daerah Konsel, karena sejak pertama dilantik hingga di penghujung masa jabatan periode pertamanya yang akan berakhir februari 2021 mendatang, terbilang banyak dengan menorehkan rentetan prestasi.

Yang lebih luar biasa, setelah menerima penghargaan dengan mengantarkan Konsel 4 kali berturut-turut (2017 – 2020) sebagai “Kabupaten Peduli HAM dari Kemenkunham”, kini hanya terpaut sehari (Selasa, 15/12/2020) oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Sulawesi Tenggara ia kembali di ganjar prestasi “Dilan Award 2020 Kategori Kepala Daerah”. Karena kesuksesannya bersinergi dengan stakeholder dalam mendukung peningkatan inklusi keuangan masyarakat di Kabupaten Konsel.

BACA JUGA:   PT Wijaya Inti Nusantara Diduga Tak Kantongi Izin Dispensasi Jalan

Ini juga merupakan kedua kalinya secara berturut-turut Bupati Surunuddin mendapatkan penghargaan dalam kategori yang sama. Sebelumnya ia memperoleh penghargaan serupa pada Oktober Tahun 2019 lalu.

Bertempat di Claro Hotel lantai 2, Bupati Surunuddin menerima piagam penghargaan yang diserahkan Kepala OJK Sultra Muhammad Fredly Nasution pada puncak kegiatan Forum Sinergi Stakeholder dan OJK (FUSION) dengan Tema “Masa Depan Milik Kita Bersama”. Yang dibuka Gubernur Sultra H Ali Mazi SH.

Yang secara spesifik dianugerahi karena keberhasilannya proaktif membentuk Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) sejak akhir 2019, sekaligus mampu mengakselerasi dan mengimplementasi program tersebut dengan melibatkan petani langsung melalui program Kredit HEBAT (Hindari Rentenir dan Budaya lestari Semesta).

BACA JUGA:   [AYO DAFTAR] Kota Kendari Buka Seleksi CPNS, Ini Syaratnya

Atas capaian membanggakan ini, Bupati Konsel mengungkapkan rasa  syukur dan terima kasihnya kepada OJK yang telah menganugerahinya, yang katanya, keberhasilan menjadi terbaik di raih berkat kerjasama semua pihak.

“Alhamdulillah kita kembali raih Dilan Award, ini merupakan keberhasilan bagi seluruh lapisan masyarakat Konawe Selatan,” ucapnya

Disebutkannya, program Kredit Hebat yang bakal diluncurkan 2021 tersebut dilaksanakan semata-mata sebagai salah satu bentuk kepedulian terhadap masyarakat, bagaimana pentingnya memaksimalkan sumber daya dan potensi yang ada, melalui pemanfaatan produk dan jasa keuangan demi peningkatan kesejahteraan rakyat.

“Award ini merupakan bukti kerja dan komitmen kita dalam berperan aktif meningkatkan pemahaman dan mendorong literasi serta inklusi keuangan di seluruh lapisan masyarakat tanpa terkecuali dengan melibatkan stakeholder yang ada, yang akan terus kita tingkatkan demi peningkatan taraf hidup masyarakat agar lebih sejahtera dalam bingkai Desa Maju Konsel Hebat,” pungkas Surunuddin.

Sementara itu, Kepala OJK Sultra Muh Fredly mengatakan bahwa saat ini OJK telah membentuk 224 TPAKD dari 32 Provinsi dan 176 Kabupaten/Kota, dan Kabupaten Konsel satu-satunya di Sultra dari 17 Kab/Kota yang membentuk dan meluncurkan program tersebut. “Jumlah ini diharapkan dapat terus meningkat seiring dengan kebutuhan terhadap peningkatan akses keuangan yang begitu besar di seluruh daerah,”tandas Fredly yang juga menyerahkan penghargaan yang sama kepada Jurnalis Media Massa yang turut berkontribusi dan berperan aktif melalui pemberitaan dalam mendukung program OJK.

BACA JUGA:   Detik-Detik Basarnas Kendari Selamatkan Penumpang Kapal Bocor di Wakatobi

Selain itu, terkait maraknya praktek bisnis yang menawarkan investasi yang mengakibatkan kerugian finansial, Fredly mengatakan, OJK bersama tim kerja satgas waspada investasi terus meningkatkan koordinasi dan sinergi dalam pencegahan dan penindakan entitas yang melakukan penawaran investasi ilegal tersebut.

Tempat yang sama, Gubernur Sultra Ali Mazi dalam sambutannya menyebutkan bahwa karena peran dan fungsi TPAKD di daerah sangat signifikan di butuhkan.”Selaku Gubernur akan mendorong pembentukan hal itu disemua daerah, tentunya diperlukan kolaborasi dan sinergi semua kepentingan dalam rangka mempercepat akselerasi keuangan,” timpalnya.

(*Ikky/Asumsirakyat.id)

Share :

Baca Juga

Daerah

Kunker Gubernur Hari Ketiga Kepulau Buton, Begini Harapan Ali Mazi

Asumsi Rakyat

Kukuhkan Pesperawi, Ada Harapan Gubernur

Asumsi Rakyat

BASARNAS Kendari Gelar Pelatihan Pengembangan Potensi SAR

Asumsi Rakyat

Dilantik Sebagai Ketua DPD BAPERA Kota Baubau, Begini Harapan Bung Dion

Daerah

Beri Dukungan Moril Kepada 5 Aktivis, PMII Sultra Nginap di Depan Mapolda

Daerah

Akibat Beda Pilihan, Usai Pilkada sang menantu di Usir Mertua

Daerah

Sakit Hati Karena Diputuskan, Wanita Ini Nekat Bunuh Diri

Daerah

Wali Kota Kendari Serahkan Rancangan Perda KUA PPAS 2021