Home / Daerah / Sosial

Minggu, 31 Januari 2021 - 18:12 WIB

Wali Kota Kendari Dukung Giat Donasi Sampah Yang Digelar Komunitas Teras

ASUMSIRAKYAT.ID – Pengelolaan sampah seharusnya bukan lagi tanggungjawab dari pemerintah, tetapi telah menjadi bagian dari tanggungjawab masyarakat sebagai produsen sampah.

Hal inilah yang menjadi tantangan dinamika kehidupan di perkotaan. Dimana pertumbuhan penduduk berbanding lurus dengan peningkatan produksi sampah. Disisi lain, pemerintah Kota Kendari tidak bisa bekerja sendiri dalam mengelola dan mengatasi permasalahan sampah ini.

Program Donasi Sampah “Kita Bisa” merupakan salah satu alternatif upaya pengelolaan sampah di sumber, yang keluar sebagai hasil refleksi model pengelolaan yang selama ini telah ada namun tidak cukup berhasil.

BACA JUGA:   Minggu Depan Taliban Akan Umumkan Struktur Kabinet

Lembaga masyarakat (NGO) atau Komunitas Teras, diharapkan dapat membuat giat Kita Bisa ini memberikan dampak yang begitu besar. Bertempat di kompleks perumahan Cempaka Graha Asri, Pasar Panjang, Kendari, program donasi sampah akan dilakukan dengan jadwal setiap hari minggu dari pukul 08-10 Wita.

Donasi yang terkumpul tersebut akan akan langsung diberikan kepada pemulung yang sudah diidentifikasi dan masuk dalam daftar warga yang layak untuk mendapatkan hasil dari donasi. Selain itu, masyarakat sebagai donator di edukasi untuk memproduksi eco-bricks (bata ramah lingkungan) dari botol plastic yang diisi dengan kemasan plastik yang dipadatkan.

BACA JUGA:   Peringati HUT RI, GP Ansor Sultra Perkuat Jiwa Patriotisme di Taman Makam Pahlawan Kendari

Giat tersebut direspon baik Walikota Kendari H.Sulkarnain K karena merupakan upaya yang berbasis kemasyarakatan.

Dalam kunjungannya di Kompleks Cempaka Graha Asri, Minggu Pagi (31/01/2021), Walikota mengatakan, ekspansi dan replikasi di tempat lain akan sangat diharapkan untuk menjawab tantangan pengelolaan sampah.

“Pemerintah Kota Kendari sangat terbuka untuk bersinergi dan berkolaborasi dengan pihak lain yang memiliki konsep dan visi yang sama demi terwujudnya Kota Kendari yang layak huni” Ujarnya.

BACA JUGA:   BKBP Konawe Gelar Dialog, Nilai Toleransi Jadi Pembahasan Utama

Target besar dari program ini, kata dia, antara lain kepedulian social bagi pemulung, pengurangan dan pemanfaatan sampah pada sumbernya, edukasi dan motivasi gerakan di tingkat masyarakat, serta mengurangi volume sampah yang masuk ke TPS dan beban TPA serta membantu kerja-kerja pemerintah Kota Kendari di sektor lingkungan hidup dan kebersihan kota.

Laporan : Muh. Rifky

 

 

 

Share :

Baca Juga

Asumsi Rakyat

Kepala BLK Kendari Apresiasi Kegiatan Raker SBSI

Daerah

Penyuluh Agama di Kendari Terus Tingkatkan Kompetensi, “Kali Ini Dakwah Bidang Desain Grafis”

Bisnis

Munas Kadin, Peserta Wajib Tes PCR

Daerah

KPU Kota Kendari Luncurkan Buku Pemilu 2019

Asumsi Rakyat

Ketua PKK Prov. Sultra : Produk Lokal Harus diBerdayakan Agar Bisa Bersinergritas Dikanca Nasional

Sosial

Gubernur Lepas Relawan Peduli Bencana ke Sulbar

Asumsi Rakyat

Izinkan Tambang di Wawonii, Gubernur Sultra : Potensi Yang Ada Harus Dimanfaatkan

Daerah

Cipayung Plus Sultra Rekomendasikan Erwin Gayus Jadi Sekretaris, Bendahara, atau Ketua OKK DPD KNPI