Home / Daerah

Selasa, 15 Desember 2020 - 21:32 WIB

Wawali Kendari Ikut Forum Sinergis Stakeholder dan OJK

Wakil Wali Kota Bersama Gubernur Sultra  dan Kepala OJK Sultra

Wakil Wali Kota Bersama Gubernur Sultra dan Kepala OJK Sultra

KENDARI – Wakil Walikota Kendari dr. Hj. Siska Karina Imran, SKM menghadiri acara Forum Sinergi Stakeholder dan Otoritas jasa Keuangan (Fusion) dengan tema “Masa Depan Milik Kita Bersama” disalah satu hotel di Kota Kendari, Selasa (15/12/2020).

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) membuat forum ini untuk meningkatkan dan memperkuat sinergi di masa pandemi dan kolaborasi di masa depan, dalam mendukung pencapaian target inklusi keuangan sebesar 90% dan Literasi Keuangan sebesar 50% pada Tahun 2024.

Fusion merupakan agenda yang menggabungkan rapat Koordinasi Tim Percepatan Ases Keuangan Daerah (TPAKD), Satgas Waspada Investasi (SWI) Daerah, Forum Komunikasi Industri Jasa Keuangan (FKIJK), hingga Media Gathering/Bincang Jasa Keuangan (BIJAK).

BACA JUGA:   Wali Kota Kendari Sayangkan Generasi Muda Yang Tak Mau Terlibat

Dalam sambutannya, Gubernur Sulawesi Tenggara H. Ali Mazi, SH mengungkapkan, industry jasa keuangan memegang peranan penting dalam perekonomian.

“Di Sulawesi Tenggara saya, mengapresiasi pencapaian indeks literasi dan Inklusi keuangan yang telah mencapai target nasional tahun 2019 masing-masing sebesar 36,75 persen dan 75,07 persen,”ungkapnya

Lebih lanjut lagi, Ali Mazi mengatakan, Literasi Keuangan (SNLKI) ketiga dilakukan oleh OJK pada tahun ini menunjukkan indeks literasi keuangan mencapai 38,03 persen dan indeks inklusi keuangan 76,19 persen.

BACA JUGA:   [AYO DAFTAR] Kota Kendari Buka Seleksi CPNS, Ini Syaratnya

“Dampak selama Pandemi Covid – 19 telah memukul perekonomian seluruh lapisan masyarakat, termasuk pelaku usaha informal dan UMKM, 84 persen UMK mengalami penurunan pendapatan, 78,35 persen UMK mengalami penurunan permintaan karena dampak Covid – 19,” ungkapkan Kepala Perwakilan OJK Provinsi Sulawesi Tenggara M Fredi Nasution.

Lanjutnya M Fredi Nasution, upaya telah dilakukan untuk meningkatkan ketahanan ekonomi di masa Pandemi.

BACA JUGA:   Makna HUT RI Bagi Wali Kota Kendari

“Segenap upaya telah dikerahkan untuk meningkatkan ketahanan ekonomi dan sosial masyarakat terutama masyarakat kecil, sektor informal dan UMKM yang membutuhkan bantuan keuangan dan pendampingan teknis untuk dapat bertahan maupun untuk dapat segera bangkit Kembali,” tuturnya.

Dalam acara tersebut turut hadir Ketua DPRD Provinsi Sulawesi tenggara, Forkopimda Provinsi Sulawesi Tenggara, Bupati/Wali Kota se – Sulawesi Tenggara dan Pejabat Pimpinan Tinggi pratama Lingkup Pemerintah Provinsi dan Kab/kota, serta Pelaku Jasa Keuangan Non Bank.

(*Ikky/Asumsirakyat.id)

Share :

Baca Juga

Daerah

Ketua Komisi III DPRD Kendari Lakukan Tinjau Penerapan Protokol Kesehatan di Sekolah

Asumsi Rakyat

Gubernur Sultra Harap TP PKK di Daerah Dapat Bersinergi dan Terintegrasi Dengan Pemda

Daerah

Pemkab Buteng Lelang Jabatan Tiga OPD

Asumsi Rakyat

Rizieq Shihab Takut Hasil Swab Tesnya di Politisir

Daerah

Menindaklanjuti PPKM, Tim Gabungan Kendari Awasi TPI

Daerah

Pilkada di Sultra, PKB Menangkan di Empat Kabupaten

Daerah

Kasus Covid-19 Sultra Bertambah 83, Kendari 59 Orang

Daerah

Sembuh Dari Covid-19, Anies Kembali Beraktivitas Lagi